Sabtu, 25 Agustus 2012

Workshop-SEM-Structural-Equation-Modeling-dengan-LISREL

Workshop SEM (Structural Equation Modeling) dengan LISRELSEM adalah suatu alat statistik yang sangat berguna bagi para peneliti pada bidang ilmu sosial (ekonomi, sosiologi, anthropologi, psikologi, dan lain sebagainya). SEM telah menjadi suatu “keharusan” untuk penelitian non eksperimental, dimana metode untuk pengujian teori belum dikembangkan secara menyeluruh. Sehingga tidaklah mengherankan jika terdapat banyak sekali software yang menawarkan SEM. Contoh berbagai software SEM yang beredar di pasaran adalah LISREL, AMOS, EQS, ROMANO, SEPATH, dan LISCOMP.

LISREL (Linear Structural Relationship) adalah satu-satunya program SEM yang paling banyak digunakan dan dipublikasikan pada berbagai jurnal ilmiah pada berbagai disiplin ilmu. Di dalam Jurnal Information System Research, penggunaan SEM dengan LISREL adalah sekitar 15% dari seluruh riset berbasis hubungan struktural, dibandingkan total penggunaan EQS dan AMOS, yang hanya sekitar 3%. Di samping itu, pada Jurnal Management Information System Quaterly, penggunaan LISREL adalah 13% sedangkan yang masuk kategori lain-lain (AMOS dan EQS) hanya sekitar 3%.

Dari hal tersebut, maka disimpulkan bahwa LISREL adalah satu-satunya program SEM yang tercanggih dan yang dapat mengestimasi berbagai masalah SEM yang bahkan nyaris tidak mungkin dapat dilakukan oleh program lain, seperti AMOS, EQS, dan lain sebagainya. Di samping itu, LISREL merupakan program yang paling informatif dalam menyajikan hasil-hasil statistik.

Prof. Dr. Imam Ghozali, M.Com, Akt, dari Program S3 Ilmu Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang bersama Fuad, SET, MSi, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Dian Nuswantoro Semarang telah menulis sebuah buku yang berjudul “Structural Equation Modeling, Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Program LISREL 8.54”. Buku ini mengupas lebih jauh tentang SEM dan LISREL yang disertai dengan CD yang berisi contoh data-data dan software pendukung.

Fakultas Ekonomi Universitas Dian Nuswantoro Semarang telah mendapat kesempatan oleh para penulis buku untuk mengadakan workshop yang akan dipandu langsung oleh Beliau, dibantu dengan asisten yang berkualitas. Workshop tersebut akan diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 8-9 Juli 2005. Ketua acara Workshop, Guruh Taufan Hariyadi, SE, M.Kom menegaskan bahwa sangat jarang workshop-workshop serupa yang langsung dipandu oleh penulisnya. Jadi acara ini merupakan kesempatan yang baik untuk berinteraksi langsung kepada penulis buku.

Update On : 01 January 1970 07:00:00 am


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls