Kamis, 23 Agustus 2012

DOSEN-UDINUS-RAIH-DOKTOR-DI-MMU

Kerjasama antara Universitas Dian Nuswantoro dengan salah satu universitas terbaik di Malaysia, yaitu Multimedia University (MMU) atau Universiti Telekom Malaysia telah memasuki tahapan baru. Heru Agus Santoso, salah satu dosen Udinus, telah berhasil menyelesaikan program doctor of philosophy (Ph.D) pada Faculty of Computing and Informatics - MMU dibawah bimbingan Promotor Dr. Haw Su Cheng dan Assoc. Prof. Dr. Lee Chien Sing.

Heru Agus Santoso

Ia berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Ontology-based Schema Mediation and Versioning for Deep Web Integration” pada open viva seminar yang diadakan tanggal 2 April 2012 di STC building MMU Cyberjaya Campus Malaysia. Open viva seminar dipimpin oleh Assoc. Prof. Dr. Heng Swee Huay, dengan external examiner terdiri dari Prof. Dr. Sellapan

Palaniappan (MUST), Prof. Dr. Naomie Salim (UTM) dan Dr. Waralak Vongdoiwang Siricharoen (Univ. of Thai Chamber of Commerce). Sedangkan perwakilan senat universitas yang hadir adalah Dr. Alan Tan Wee Chiat beserta Dekan Faculty of Computing and Informatics, Assoc. Prof. Dr. Ho Chin Kuan. Selama masa studi kurang lebih 3.5 tahun, Heru menghasilkan sejumlah paper yang telah dipublikasikan di sejumlah konferensi internasional. Dia juga aktif baik sebagai penulis maupun peer reviewer di Jurnal Internasional Knowledge-Based Systems – Elsevier yang ber- impact factor 2.422.

Melalui disertasinya, ia.mengusulkan penggunaan Web ontology dengan teknik mediasi untuk mengatasi permasalahan heterogenitas skema pada integrasi Semantic Web. Adapun fungsi Webontology adalah untuk mendeskripsikan karakteristik data secara formal, sehingga ia dapat dipahami secara otomatis oleh komputer. Dengan demikian, interoperabilitas antar sistem basis
pengetahuan dapat ditingkatkan secara signifikan. Contoh aplikasinya adalah integrasikan suatu data dengan berbagai sumber informasi on-line berformat Linked Open Data Cloud (loD) seperti Dbpedia, British Library Linked Data dan lain-lain.

Rektor Udinus, Dr. Edi Nursasongko, M.Kom, member keterangan “Alhamdulillah, jumlah doktor di Udinus kian bertambah tentunya ini akan meningkatkan mutu proses belajar mengajar yang muaranya untuk kepentingan mahasiswa dan kepercayaan masyarakat pada Udinus semakin meningkat”. Dijelaskan juga bahwa kerjasama antara Udinus dan Multimedia University telah dilakukan sejak tahun 2007, masih ada 4 dosen lagi yang tahun ini meraih gelar doctor dari MMU. Selain kerjasama bidang studi lanjut juga dilakukan program credit transfer dan penelitian bersama. “Kerjasama ini akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang, khususnya pada program student exchange dan fast track diantara kedua universitas” tambah Dr.

Edi.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls