Sabtu, 25 Agustus 2012

Seminar-Nasional-FT-UDINUS

Fakultas Teknik UDINUS baru – baru ini mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan “Pembebasan Frekuensi 2,4 GHz Sebagai Peluang Pembentukan CJIX (Center Java Internet Exchange)” tepatnya pada tanggal 14 September 2005 di gedung pertemuan Fakultas Teknik.

Diselenggarakannya seminar nasional tersebut dilatarbelakangi dengan maraknya pengguna internet berbasis nirkabel (wireless-LAN/WLAN) dan disebabkan mahalnya akses internet melalui kabel (fixed line).
Adanya regulasi pemerintah mengenai pembebasan frekuensi 2,4 GHz merupakan suatu peluang yang bisa dmanfaatkan oleh pihak manapun khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Ir. Dwi Eko Waluyo, MM., Dekan Fak. Teknik UDINUS melontarkan ide untuk membangun suatu jaringan lokal dengan membentuk suatu komunitas jaringan CJIX (CenterJava Internet Exchange), yang didukung oleh dua pembicara utama yaitu Noor Iza dari Direktorat Jendral Pos danTelekomunikasi, dan Armansyah dari Indosat M2. Dukungan diberikan sebagian besar peserta seminar yang antara lain berasal dari instansi pemerintah seperti dari KPDE Prop. Jateng, Bank Jateng, juga beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta antara lain UNDIP, UNNES, USM, UNIKA, UNIMUS, STIMIK HIMSYA, dan perusahaan – perusahaan baik yang bergerak dibidang penyedia layanan internet maupun pelaku industri antara lain dari, Indosatnet, Atlantis Indonesia, APAC Inti Corpora, Wasantara Net, CV Tiga Media Pratama dan lain-lain.

Dengan adanya dukungan positif terhadap ide untuk membangun suatu jaringan lokal tersebut diharapkan adanya tindak lanjut yang lebih terkonsentrasi untuk mewujudkan CJIX. Salah satu tidak lajut yang telah dilakukan adalah dibukanya mailing list dengan alamat cjix@milis.dinus.ac.id, bagi yang berminat bergabung dapat mengirimkan email kosong ke alamat tersebut.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls